Pentingkah Belajar Ilmu Pangan?


Indonesia merupakan negeri kaya yang sudah diakui oleh banyak negara didunia, bahkan negara besar seperti Belanda pun pernah sangat nyaman tinggal di negeri tercinta kita, bukan hanya 1 atau 2 hari, belanda menginap diIndonesia kurang lebih 350 tahun. Pertanyaan dasar yang muncul ketika itu adalah “Apa sih yang membuat Belanda nyaman di Indonesia?” Jawabannya sangat gampang, yaa pasti sumber daya alam dari Indonesia sendiri yang membuat mereka betah berlama- lama hidup di atas tanah kita. Kalau kita membaca sejarah penjajahan Belanda di Indonesia, pasti banyak sekali literasi yang menyebutkan bahwa mereka di Indonesia untuk merampas rempah- rempah di negeri suci ini.

Begitulah kisah singkat sejarah kelam yang terjadi di Indonesia pada masa penjajahan, begitu Ironis bukan? Rempah- rempah yang merupakan bahan pangan melimpah diIndonesia sangat menarik perhatian negara besar dunia. Rempah- rempah adalah sebagian kecil dari komoditas pangan yang ada di Indonesia, berbicara mengenai pangan memang dapat dikatakan sangat kompleks dan rumit, butuh disiplin ilmu tertentu serta dedikasi yang sangat tinggi untuk mempelajari.

Dengan dua fakta diatas seperti ; 1. Indonesia merupakan negara kaya akan sumber daya alam, dalam hal ini bisa dikerucutkan ke sumber daya pangan 2. Ilmu pangan adalah pengetahuan yang kompleks dan butuh dedikasi tinggi untuk mempelajarinya. Sangat disayangkan jika rakyat Indonesia apatis dengan Pentingnya Belajar Ilmu Pangan, bisa- bisa sumber daya pangan yang melimpah kita akan dikelola oleh negara luar yang pastinya akan menguntungkan negara lain. Selain berdampak pada negara, sifat acuh tak acuh terhadap pangan juga akan berdampak terhadap manusia itu sendiri, karena selain sandang dan papan, pangan merupakan hal pokok yang harus dipenuhi oleh manusia.

Disinilah peran Ilmu pangan sebagai jawaban dari permasalahan pangan di Indonesia, bukan hanya bisa dilihat dari kaca mata politik, tetapi dari berbagai macam sudut pandang pun ilmu pangan akan menjadi pengetahuan yang sangat esensial dan fundamental. Bahkan bukan hanya itu, pangan merupakan syarat pokok manusia bisa melangsungkan sebuah kehidupan, minimal manusia memahami apa yang boleh dimakan ataupun yang tidak boleh dimakan melalui suatu pandangan ilmiah sehingga kehidupan yang sehatpun akan tercipta.

Beberapa kasus terkait dengan pangan yang ada di Indonesia bahkan didunia seperti keracunan pangan, kurangnya angka kecukupan gizi, busung lapar dan lain sebagainya yang muaranya bisa saja ke kematian, hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap pangan itu sendiri. Oleh karena itu penting sekali pemahaman tentang pangan diterapkan pada pola pikir masyarakat, apalagi untuk anak- anak yang masih dalam fase pertumbuhan.

“Apapun yang kita makan hari ini, itu yang akan membentuk kita di masa yang akan datang”. Saya rasa kutipan diatas sangat relevan jika mengkaitkan pangan dengan kehidupan manusia, selain sebuah usaha, kerja keras, do’a dan lain sebagainya, pangan berkualitas pun juga sangat berpengaruh untuk membentuk manusia yang ideal, pasalnya makanan bergizi akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otak serta fisik dari manusia itu sendiri. Selain itu faktor kesehatan dan kebugaran manusia bisa ditentukan dengan pola konsumsi pangan dari masyarakat.

Dari beberapa argumentasi diatas saya rasa sudah cukup untuk menjelasakan betapa pentingnya pengetahuan tentang pangan, maka dari itu sebagai manusia yang peduli akan kehidupan, sangat diperlukan minat serta kemauan untuk belajar mengenai pengetahuan tentang pangan. #M.si


Komentar

  1. Gimana ya, sekarng banyak orang di Indonesia yang menyukai makanan cepat saji. Padahalkan bhaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh maka dari itu sangat penting sekali untuk mempelajari Ilmu pangan

      Hapus
  2. Membuat hari hari penuh masakan... artikelnya bagus gan...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer